News
Loading...

Wajib Ketahui Penyakit Jenis Progeria

Setiap manusia akan mengalami penurunuan kualitas hidup seperti bertambahnya usia. Namun ada beberapa di antara orang terlahir yang memiliki penyakit langkayang membuat tubuhnya menua lebih cepat dari orang normal, bahkan menua dengan berkali kali lipat. Dalam dunia medis kondisi seperti itu dinamakan dengan penyakit progeria.
Penyakit langka ini di ambil kata dari bahasa yunani ‘prores’ yang artinya tua sebelum pada waktunya. Penyakit langka ini melibatkan protein mutan yang di sebut progerin yang mempercepat penuaan fisik. Penyakit langka ini sering terjangkit kepada anak-anak hingga dapat terkena penyakit jantung. Mulanya pasien yang mengalami penyakit ini terlihat sehat saat lahir.

Namun, pada tahun tahun pertama kehidupannya akan lebih menunujujkan tanda tanda penyakit progeria, seperti pertumbuhan yang lambat, rambut rontok, hingga penuaan pada kulit. Anak anak yang memiliki menderita penyakit progeria ini akan memiliki usiatubuh depalapankali lebih tua dari yang seharusnya. Seorang anak berusia 10 tahun yang menderita progeria akan memiliki tampilan fisik lebih sepreti seseorang yang berusia 80 tahun.

Anak tersebut pun akan menderita penyakit yang seringkali mengringi penuaan, seperti artrtithis dan masalah jantung. Namun pikiran mereka tetap dengan usia yang dimilikinya. Dalam banyak kasus, banyak pasien yang menderita penyakit progeria ini dapat meninggal pada usai rata-rata 13 tahun, karena serangan jantung dan juga stroke.

Diseluruh dunia dapat diketahui hanya ada sekitar 74 kasus progeria. Sebelumnya juga ada seseorang yang bernama Hayley Okines dari Bexhill yang berhasil bertahan dengan penyakit progeria hingga mencapai usia remaja yaitu 17 tahun.

Dan saat ini tidak ada pengobatan untuk penyakit progeria ini. kebanyakan perawatan berfokus pada mengurangi komplikasi (seperti penyakit jantung) dengan cara operasi bypass jantung atau aspirin dosis rendah. Dan anak anak juga dapat mengambil dari manfaat diet tinggi kalori.

 Sebenarnya penyakit progeria adalah penyakit yang langka dengan mempengaruhi satu dalam 4-8 juta kelahiran. Di Indonesia sendiri penyakit seperti ini sangatlah langka. Hanya ditemukan pada seorang anak Indonesia yang mengalami penyakit seperti ini.
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar