News
Loading...

Cara Mengatasi Diare pada Anak dengan Tepat dan Cepat

Diare merupakan suatu keadaan yang cukup penting untuk diperhatikan. Diare itu sendiri merupakan salah satu keadaan seseorang yang mengalami buang air besar secara terus menerus atau berlebihan dengan bentuk tinja yang encer. Penyakit diare adalah salah satu penyakit yang menyebabkan kematian cukup besar terutama pada anak-anak yang berada di negara berkembang. 
Cara Mengatasi Diare pada Anak dengan Tepat dan Cepat
Yang menjadi penyebab kematiannya sendiri sebenarnya bukan diarenya, yakni dehidrasi atau kehilangan cairan dan elektrolit dari dalam tubuh dalam jumlah yang besar. Sehingga proses metabolisme serta fungsi organ-organ lainnya terganggu. Untuk itu, apabila si kecil mengalami diare segera atasi dengan cepat dan tepat. Diare pada anak banyak terjadi karena makanan yang ia konsumsi kurang higienis sehingga terdapat kuman dan bakteri penyebab penyakit yang ikut masuk dan menganggu sistem pencernaan. Selain dari itu tentu masih banyak lagi penyebab lainnya.

Dapat disebutukan bahwa makanan merupakan penyebab paling banyak terjadinya diare pada anak. Mengingat usia mereka yang belum mengetahui mana yang baik untuk mereka konsumsi dan tidak, bahkan untuk anak usia di bawah lima tahun mereka sering kali memasukan jari jemarinya ke dalam mulut, bahkan dengan beserta benda-benda yang berada di sekelilingnya. 

Kemudian, anak-anak yang telah memasuki usia sekolah, mereka sangat mudah tertarik untuk mengkonsumsi jajanan yang ada di pinggir jalan, dengan warnanya yang mencolok, kemudian bentuknya yang menarik, padahal rasanya tidak begitu lezat untuk dinikmati. Makanan tersebut dapat memicu terjadinya diare.
Adapun cara untuk mengatasi penyakit diare yang terjadi pada anak-anak, diantaranya sebagai berikut:

1.  Bagi anak yang masih menyusui, teruskan pemberian ASI tersebut dengan baik. Karena air susu ibu akan memberikan asupan cairan yang mengandung nilai gizi tinggi bagi si kecil.
2.  Berikan cairan oralit, yang dapat anda buat sendiri di rumah yakni dengan melarutkan gula merah serta sedikit garam pada segelas air hangat.
3.  Apabila diare masih saja berlanjut dan bahkan semakin parah, segera bawa ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan medis.
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar