News
Loading...

Memilih Antara Olahraga Atau Sarapan

Memilih Antara Olahraga Atau Sarapan

Olahraga dan sarapan adalah dua rutinitas dipagi hari yang kadang membuat kita bingung mana yang harus di dahulukan. Ada orang yang bilang lebih baik sarapan terlebih dahulu agar saat olah raga lebih bugar dan bersemangat. Namun ada juga yang berbicara lebih baik olahraga dulu lalu sarapan, karena dapat membakar lemak hingga 20%. Baik olahraga pagi ataupun sarapan keduanya adalah hal yang penting. Terbukti dengan melakukan dua hal tersebut secara rutin dapat menyehatkan fisik dan psikis.

Setiap orang memiliki kondisi fisik yang berbeda sehingga untuk pemilihan aktifitas yang akan dilakukan dipagi hari juga tidaklah sama. Bagi Anda yang memiliki fisik kuat dan selalu bugar, mungkin berolahraga terlebih dahulu lalu sarapan tidak akan berdampak buruk. Hal ini juga diperkuat dengan sebuah penelitian dari Gonzales pada tahun 2003 bahwa dengan melakukan olahraga terlebih dahulu tubuh akan melakukan pembakaran lemak hingga 20%. Bagi Anda yang ingin menurunkan lemak ditubuh dapat melakukan hal tersebut. Namun meski begitu Anda yang berolahraga terlebih dahulu tetap harus minimal minum air mineral hingga 1 Liter. Hal ini untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Anda bisa meminumnya ½ liter sebelum olahraga dan ½ liter setelah berolahraga. Meski olahraga pagi dilakukan lebih dahulu daripada sarapan, Anda tidak perlu khawatir akan sarapan berlebihan. Anda hanya perlu memastikan bahwa Anda sarapan sebelum jam 9 pagi dan setelah berolahraga minumlah ½ liter air sehingga rasa lapar yang muncul akan lebih terjaga. Sedangkan untuk Anda yang memiliki kondisi fisik mudah lelah dan cenderung lemah namun tetap ingin berolahraga pagi sebelum sarapan, Anda bisa memilih olahraga ringan seperti jalan kaki, yoga atau jogging pagi. Tidak perlu terlalu menguras tenaga, yang Anda butuhkan adalah rutinitas. Lakukan setiap pagi secara rutin hingga badan atau fisik Anda merasa sangat bugar. Hal ini juga akan optimal jika sebelumnya Anda tidur dengan pulas dan cukup.

Memilih Antara Olahraga Atau Sarapan

Bagi mereka yang memilih untuk sarapan terlebih dahulu lalu olahraga. Ini juga bukan hal yang buruk karena sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh jurnal International Journal of Sport and Exercise bahwa orang yang sarapan dengan bahan makan asing akan lebih optimal dalam ptoses hidrasi sehingga tidak akan terkena gejala dehidrasi.

Itulah beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan Anda untuk memilih berolahraga atau sarapan terlebih dahulu. Semoga bermanfaat.


Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar