News
Loading...

Cara Mudah Membedakan Madu Asli dengan Madu Tiruan

Provitamon
Saat ini segala sesuatu harus dicermati dengan seksama. Pasalnya, kegiatan kriminalitas makin merajarela dan tersebar di berbagai bidang, bahkan termasuk pada makanan hingga vitamin atau suplemen seperti madu. 

Hingga saat ini produk madu dapat kita temukan dengan mudah di pasaran dan saking banyaknya madu yang ada, mulai dari madu untuk anak hingga madu dewasa, kita jadi sulit membedakan mana madu yang asli dan madu tiruan.

Madu tiruan atau madu palsu sengaja diproduksi oleh oknum yang tidak bertanggung jawab semata – mata untuk memperoleh keuntungan tanpa memperhatikan dampak yang akan didapatkan bagi yang mengkonsumsinya. 

Madu tiruan ini dibuat dengan berbagai macam cara agar menyerupai aslinya. Bagi orang awam, membedakan madu asli dan tiruan mungkin susah untuk dilakukan sehingga kita percaya saja dengan adanya sebuah produk madu yang disebut sebagai madu asli namun bisa jadi itu mdu tiruan.

Akan tetapi, kita tak perlu khawatir karena kita dapat mempelajari cara membedakan madu asli dan madu tiruan dengan cara yang sederhana. Seperti apa?

Pertama, madu asli tidak akan dikelilingi oleh semut. Sedangkan, madu tiruan pasti akan dikelilingi semut. Cobalah untuk meneteskan sedikit madu di meja, lalu diamkan dan perhatikan apa yang terjadi. Jika madu tidak dikelilingi semut, artinya itu madu asli.

Kedua, larutkan madu dalam air. Jika saat madu dilarutkan dalam air terdapat adanya endapan – endapan, maka madu tersebut dapat dikatakan sebagai madu asli. Namun jika saat dilarutkan tidak ada endapan, seperti saat kita melarutkan gula dengan air, maka besar kemungkinan madu tersebut palsu.

Ketiga, lakukan uji pembakaran. Siapkan madu, lilin, korek api dan sendok makan. Kemudian, celupkan sumbu lilin pada madu. Cobalah nyalakan lilin tersebut. jika sumbu lilin dapat menyala, artinya madu tersebut asli namun jika lilin tidak menyala maka besar kemungkinan madu tersebut tiruan.

Keempat, madu asli yang menempel pada kain akan hilang setelah dicuci. Tidak ada bekas noda apapun pada kain. Sementara, madu tiruan jika menempel pada kain nodanya akan sulit hilang ataupun meninggalkan bekas noda pada kain. Ini pasti karena efek penggunaan pewarna pada madu tiruan.

Setelah mengetahui beberapa cara untuk membedakan madu murni dan tiruan, kita tidak perlu pusing lagi dan tidak perlu takut tertipu. Mempelajari perbedaan madu asli dan tiruan juga penting jika kita akan membelikan madu untuk anak. Pasalnya, jika anak mengkonsumsi madu tiruan tentu akan berbahaya bagi kesehatannya. 

Namun, tak perlu khawatir karena madu Provitamon adalah madu yang aman sekali bagi anak – anak. Terbuat dari bahan madu murni yang bercampur dengan bahan alami seperti kunyit, pegagan dan minyak ikan yang berkhasiat untuk vitamin otak, meningkatkan nafsu makan, dan menjaga daya tahan tubuh.
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar