News
Loading...

Pembelajaran Teknologi Tepat Guna Bagi Mahasiswa

Teknologi Tepat Guna
Teknologi Tepat Guna
Teknologi tepat guna sudah sepatutnya untuk dirintis oleh masyarakat agar semakin berkembang dalam menjalankan kehidupan sehari-hari menggunakan alat sederhana yang bisa mempermudah suatu kegiatan tertentu. Apalagi, dengan maraknya perkembangan teknologi maka sudah seyogyanya pemuda di Indonesia bisa berpikir kreatif untuk dapat merancang teknologi sederhana ini. Ditambah dengan bebasnya arus informasi yang bisa didapatkan lewat dunia maya, maka perancangan teknologi tepat guna pun akan terasa semakin mudah.

Untuk menciptakan pemuda dengan jiwa berani untuk berkarya dan menghasilkan sesuatu, kini sudah diterapkan dalam beberapa mata kuliah pada mahasiswa untuk dapat merancang seperti apa teknologi tepat guna yang dapat mereka ciptakan. Adanya materi seperti ini di dalam perkuliahan mahasiswa adalah bertujuan untuk merangsang perkembangan pemikiran mahasiswa agar bisa menghasilkan dan menemukan terobosan baru di dunia teknologi yang dimulai dengan teknologi sederhana. 
Teknologi Tepat Guna
Teknologi Tepat Guna
Sekarang pun sudah ada beberapa alat hasil karya dari anak muda Indonesia yang menerapkan dasar-dasar teknologi tepat guna, salah satunya adalah bra penampung asi yang berhasil diciptakan oleh seorang pemuda dari yogyakarta. Bra seperti ini bisa bermanfaat untuk menampung Asi dari ibu yang tercecer, sehingga tidak ada lagi asi yang terbuang sia-sia sehingga si bayi pun akan mendapatkan gizi yang optimal dari ibunya.

Tidak hanya itu saja, ada banyak teknologi tepat guna lain dari para pemuda di indonesia yang tersorot hingga ke media massa. Salah satunya adalah sudah ditemukannya tempat sampah yang digunakan untuk orang-orang difable, dan tempat sampah ini disetting menggunakan alat sensor suara sehingga tunanetra dapat membedakan tempat sampah mana yang untuk organik maupun sampah anorganik. 

Alat ini ditemukan oleh salah satu mahasiswa jurusan kesehatan lingkungan di yogyakarta, dan mendapat respon yang cukup baik dari berbagai pihak. Harapannya, para pemuda di Indonesia semakin menunjukkan kreatifitasnya dalam berkarya dan para pemilik produk buatan di Indonesia pun bersedia untuk memproduksi karya anak bangsa agar semakin bermanfaat untuk masyarakat.
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar