News
Loading...

5 Nutrisi yang Merangsang Kepintaran Anak


Mempunyai anak yang pintar bahkan jenius adalah dambaan bagi semua orang tua. Kepintaran seorang tersebut tidak serta merta tumbuh begitu saja. Ada beberapa faktor yang mempengaruhinya, seperti faktor genetik atau keturunan. Selain itu kepintaran dari seorang anak juga dapat ditumbuhkan melalui beberapa stimulus dari luar dan didukung oleh nutrisi yang tepat agar otak berkembang secara optimal.

Beberapa Nutrisi yang Merangsang Kepintaran Anak :

Asam Lemak Esensial

Dalam proses tumbuh kembang anak membutuhkan DHA dan AA yang terkandung dalam omega 3 dan omega 6. Moms bisa mendapatkannya di berbagai makanan seperti sarden, tongkol, ikan salmon, ikan tuna, udang, kerang, kacang kenari dan minyak zaitun.


Kolin

Kolin berfungsi untuk merangsang pertumbuhan otak dan daya ingat. Konsumsi kolin sangat dianjurkan setidaknya 200 mg untuk anak usia 1-4 tahun dan 250 mg untuk usia 4-8tahun. Untuk mendapatkannya Moms cukup memberikan telur, brokoli, kubis, kembang kol, tahu, yoghurt, dan daging sapi tanpa lemak.

Zat besi

Fungsi dari zat besi adalah merangsang kinerja saraf agar bekerja secara optimal. Tentunya sangat dibutuhkan untuk perkembangan si kecil. Beberapa makanan yang mengandung zat besi diantaranya daging sapi, daging kambing, sayuran hijau, kacang-kacangan dan susu telah difortifikasi.

Vitamin A

Vitamin A yang terkenal berfungsi sebagai pendukung penglihatan juga sangat berfungsi untuk pertumbuhan tulang dan membantu melindungi si kecil dari bahaya infeksi. Jadi, pastikan kebutuhan vitamin A terpenuhi ya Moms. Makanan yang mengandung vitamin A antara lain wortel, bayam, ubi dan paprika.

Protein

Dalam tumbuh kembangnya di setiap sel si kecil membutuhkan protein. Dalam mengeluarkan tenaga juga 10% diambil dari protein. Makanan yang sangat dianjurkan untuk si kecil dalam rangka memenuhi protein yang dibutuhkan adalah daging sapi, daging unggas, kuning telur dan susu. Karena protein menjadi hal yang sangat penting, pastikan kebutuhan proteinnya terpenuhi ya Moms.

Itulah beberapa nutrisi penting yang dapat merangsang kepintaran anak. Pemenuhan nutrisi yang sangat mendukung perkembangannya menjadi optimal. 
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar