News
Loading...

GUA SUNGAI BAWAH TANAH D'AIRE MIRA PORTUGAL

GUA SUNGAI BAWAH TANAH DAIRE MIRA PORTUGAL
GUA SUNGAI BAWAH TANAH DAIRE MIRA PORTUGAL
Negara Portugal bukan hanya terkenal dari seorang bintang sepak bola besar yakni C. Ronaldo saja, tetapi juga menyimpan keindahan yang tak pernah bisa untuk tidak tertarik dengan pesona alam berupa gua-gua kapur yang mempunyai pesona keindahan alam. Pada tahun 1979 diciptakanlah sebuah taman nasional yang luasnya 35.000 hektar dengan nama Taman The Serra e de Aire Candeeiros. Terletak di daerah batuan kapur terbesar di portugal dengan di hapit dua gunung besar yaitu gunung Candeeiros Aires dan Mamede São Plateau. Disini terdapat lebih dari 1500 gua disertai jurang yang cukuo curam, gua-gua ini banyak sekali diantaranya yang menyuguhkan keindahan sungai bawah air yang mengalir menuju gua seperti gua Moeda,Santo António, dan Alvados dengan berbagai infrastruktur yang begitu menakjubkan dan juga gua yang sangat populer di Portugel ini adalh Gua d'Aire Mira


Dengan menaiki perahu kecil para pengunjung dipandu untuk menyusuri sungai bawah tanah tersebut melalui gua dan beberapa galeri gua yang sangat unik dan juga menarik perhatian para wisatawan. Banyak spesies kelalawar yang hidup di gua ini yang bertengger di atas dinding gua dan juga batuan-batuan kapur yang memanjang , lereng, dan celah gua. Kelelawar pada taman ini terbilang ada jenis spesies langka yang terancam punah dan juga kelalawar ini pun menjadi sebuah simbol taman nasional ini.


Gua atau bahasa Portugalnya Grutas Mira de Aire, merupakan gua terbesar untuk sebuah wisata di Portugal. Dengan panjang 11 Km tetapi yang di dapat digunakan hanya sepanjang 600 m karena akses tertentu. Tahun peresmiannya adalah di tahun 1974 yang pada saat itu pula para wisatawan banyak sekali yang berekreasi dengan jumlah yang begitu besar pada setiap tahunnya. Banyak ditemukan batu berwarna diantaranya putih, merah, bahkan hijau yang terbentuk karena sebuah 'Stalaktit’. Yaitu formasi bebatuan dari langit-langit, dan juga ‘Stalagmit’yakni formasi bebatuan yang menonjol ke atas. Karena air yang mengalir di bebatuan kapur tersebutlah batuan memiliki warna berbeda, yang tergantung pada air mineral yang terkandung pada batuan tersebut.
Tentunya gua-gua tersebut sangat membuat para wisatawan seolah olah menjadi seorang petualang yang menyusuri sungai dan letaknya sekitar ratusan meter di bawah permukaan.
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar