News
Loading...

SUNGAI BERWARNA EMAS DI RIO TINTO SPANYOL

Tentu saja ada sungai yang berwarna emas kemerah-merahan, tetapi bukan berarti sungai ini dipenuhi oleh Emas yang mengalir bersama aliran sungai. Karena bisa berbahaya ya kalo sungainya penuh emas, bisa terjadi sebuah tragedi peperangan perebutan emas.hehe! tempat ini merupakan sebuah pertambangan logam yang sangat luas, karena wilayah ini sangat luas yang mencakup pegunungan dan juga lembah dan bahkan juga rumah penduduk. Dengan cakupan yang luas tersebut para penduduk terpaksa pindah ke tempat lain yang sudah dibangun dekat dengan pertambangan tersebut.
SUNGAI BERWARNA EMAS DI RIO TINTO SPANYOL
SUNGAI BERWARNA EMAS DI RIO TINTO SPANYOL

Kawasan pertambangan tersebut setelah sekian menjadi sebuah tempat yang sudah tidak layak lagi untuk ditinggali, karena sudah tida ada sumber air lagi dikarenakan suatu hal. Yaitu air kehidupan yang biasa dipakai untuk penduduk telah tercemar oleh logam berat, dengan kandungan Ph rendah yaitu pH 1.7-2.5 yang pada normalnya dalah pH 7 dan kandungan karat yang bersifat logam berat sehingga berwarna merah keemasan. Selama hampir 5 abad sungai yang tercemar itu pun menjadi sebuah suasana yang sangat ekstrim. Sebenarnya sungai ini berada di arah barat Spanyol dan sumber air yang mengalir berasal dari sumber mata air dari pegunungan Sierra Morena di Andalusia. Pada umumnya aliran sungai mengarah pada teluk Cadiz di Huelva .

Para ilmuan telah meneliti sungai ini dan mendapatkan suatu bakteri aerobik extremophile didalam kandungan air ini yang menarik perhatian para peneliti. Dan dapat disimpulkan penyebab pencemaran air di Rio Tinto ini adalah bakteri mikro organisme yang menjadikan air berbeda tingkat keasamannya. Juga pada dasar sungai terdapat kandungan mineral, besi, dan sulfida yang merupakan makanan dasar bagi bakteri.

Lokasi yang dianggap ekstrim dan suasana sungai yang berwarna emas kemerah-merahan pun seolah –olah menjadi tempat seperti halnya planet Mars, yang dianggap serupa mempunyai kandungan air dan meridiani planum dengan membandingkan kadar kandungan airnya. Karena keadaan seperti ini pula banyak para asrtobiologis tertarik untuk mengunjungi tempat ini untuk bahan penelitian dan sebuah observasi.
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar