News
Loading...

Menyenangkannya Menjadi Pelajar Internasional

Saat ini dunia pendidikan mengalami sebuah perkembangan yang sangat pesat, jika dalam beberapa tahun kebelakang kita masih gagap mengenal sebuah kata “Internasionalisasi”, tapi saat ini kata tersebut sudah semakin sering terdengar dan perlahan mulai akrab di telinga kita. kenyataannya pada saat ini program pendidikan internasional sudah menjadi sebuah unggulan perguruan-perguruan tinggi yang ada di Indonesia, baik itu perguruan tinggi negeri maupun swasta. Perguruan-perguruan tinggi di Indonesia saat ini sudah mulai membidik sasaran calon mahasiswa lokal maupun mancanegara atau mahasiswa internasional atau asing.

Menyenangkannya Menjadi Pelajar Internasional

Jika kita membahas tentang kata “internasionalisasi” berarti kita berbicara soal kualitas. Banyak diadakannya program-program internasional seperti salah satunya yaitu student exchange atau pertukaran pelajar, menjadji sebuah kesempatan bagi beberapa orang dalam melangkah untuk dapat meraih akreditasi internasional. Sebuah akreditasi internasional mampu menunjukan sebuah kualitas yang sangat baik dalam program studi di universiti. Hal tersebut dapat dikatakan sebuah visi untuk menjadi world class universiti juga.

Student exchange memiliki beberapa manfaat yang baik bagi para pelajar, beberapa manfaat tersebut seperti sebagai momen untuk dapat saling bertukar budaya. Belajar budaya merupakan kunci agar kita dapat nyaman ketika berada di negara lain. Manfaat berikutnya adalah memungkinkan untuk memperluas networking atau sebuah jejaring yang bermanfaat bagi mahasiswa di masa depan.

Perkenalan para mahasiswa ketika dalam program student exchange akan memungkinkan mereka untuk dapat kembali bertemu mungkin sekitar untuk 10 tahun kedepan. Pertemuan tersebut tidak hanya bertujuan sebagai reuni atau pelepas rindu semata, tapi bisa jadi merupakan sebuah pertemuan untuk tawaran sebuah bisnis.

Manfaat student exchange lain bagi warga Indonesia adalah mampu melatih kemampuan berbahasa Inggris mereka agar dapat dengan mudah berinteraksi dengan warga negara asing. Kelebihan dan manfaat dari sebuah student exchange tersebut saat ini menjadi kelebihan universiti di dalam negeri. Para calon mahasiswa saat ini lebih banyak memilih kampus yang sudah memiliki program internasional.

Kesadaran tersebut akhirnya dapat dirasakan oleh banyak para mahasiswa saat ini. Sebuah pengalaman internasionalisasi mampu memberikan sebuah modal untuk dapat bekerja di masa depan.
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment