News
Loading...

Masakan Tradisional Jawa Barat, Siomay Tahu

Masakan tradisional, Bagi sebagian orang, siomay tahu bukanlah makanan yang asing lagi apalagi bagi mereka yang bermukim di Jawa Barat, khususnya di daerah Bandung. Bandung memiliki masakan tradisional yang khas, meskipun mungkin jenis masakan ini terdapat pula di daerah lain di Indonesia namun tentunya tiap wilayan memiliki kekhasan sendiri dalam mengolah, meracik sehingga menghasilkan cita rasa yang khas dan berbeda dari daerah lain.

Bila anda jauh dari kota Bandung namun ingin mencicipi siomay tahu khas Bandung, anda bisa mencobanya di rumah. Berikut merupakan cara membuat siomay tahu khas Bandung beserta bahan-bahannya : Bahan : Bahan inti - 12 lembar kulit pangsit (siap pakai) - 6 buah tahu putih - 100 gr kol (rebus sebentar saja) - 6 buah kentang (rebus sampai matang kemudian kupas) - 2 buah pare ( potong menjadi beberapa bagian, min 3) Adonan isi - 200 gr daging ikan tenggiri fillet (cincang - 100 gr udang kupas ( cincang halus) -100 gr daging ayam (cincang halus) - 1 butir telor ayam (kocok) - 1 batang daun bawang ( potong kecil) - 100 gr tepung tapioka - 100 ml air hangat - 2 sdt garam - 1 sdt merica -1/2 sdt gula pasir - 1 sdt minyak wijen - 1 sdt minyak sayur - 1 sdt parutan wortel Bahan untuk saus - 250 gr kacang tanah ( goreng sampai matang ) - 2 siung bawang putih ( goreng sebentar) - 1 sdm gula merah (iris tipis) - 1 sdt garam - 3 buah cabe merah ( iris halus) - 3 sdm kecap manis - 4 buah jeruk limun - 250 ml air

Cara membuat :

Pertama yang harus dilakukan adalah memotong tahu putih dengan diagonal menjadi 2 bagian, kemudian sayat salah satu sisinya. Kemudian kerut bagian atas kentang yang telah direbus, ambil bagian tengah pare, dan gulung kol yang telah ditebus sebentar. - kemudian ambil wadah dan masukkan semua bahan untuk adonan isi di atas, aduk sampai merata dan pastikan semua bahan tercampur dengan baik. - isi potongan tahu, pare dan Kentang masing-masing dengan 1sdm adonan isi yang telah siap tadi. - untuk membuat siomay, ambil satu lembar kulit pangsit kemudian masukkan 1 sdm adonan isidan kerutkan bagian ujung pangsit tersebut, kemudian taburi parutan wortel di tiap ujungnya. Lakukan hal yang sama sampai kulit pangsit habis. - siapkan wadah pengukus, masukkan air secukupnya.

Di bagian atas pengukus, masukkan siomay, tahu, pare, kentang dan kol. Kukus hingga matang. - sementara menunggu kukusan matang, siapkan sambal kacangnya dengan cara mengulek kacang tanah yang telah di goreng tadi beserta bahan-bahan yang lainnya yang telah disebutkan di atas. - siapkan piring saji, angkat siomay, tahu, pare, kentang dan kol. Kemudian susun di piring saji. Setelah itu siapkan satu piring kecil untuk sambalnya, beri sedikit kecap manis dan air jeruk limun. - siomay tahu khas orang Bandung siap disajikan.
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment