News
Loading...

Surabi, Pan Cake Ala Indonesia

Indonesia memang sangat kaya. Salah satu kekayaan yang dimiliki negeri kita tercinta ini adalah banyaknya pulau – pulau yang di setiap daerahnya memiliki bahasa berbeda, pakaian adat berbeda, beberapa kebiasaan berbeda, hingga makanan khas yang berbeda – beda pula. Masakan Indonesia tersebut semuanya memiliki cita rasa tersendiri dan tentu saja enak dimakan. Bahkan, beberapa masakan juga dikenal dan disukai hingga ke mancanegara. Kali ini kita akan berbicara mengenai salah satu makanan ringan yang datang dari Jawa Barat, yaitu Surabi.

Surabi merupakan makanan ringan yang cocok dijadikan camilan apalagi sebagai sarapan di pagu hari. Surabi merupakan salah satu masakan Indonesia yang terbuat dari tepung beras. Makanan ini sudah ada sejak dulu dan merupakan makanan tradisional yang melegenda. Berbicara tentang makanan. Saat ini kita cenderung suka dengan makanan luar. Salah satunya adalah Pan Cake. Pan Cake juga merupakan makanan ringan yang memiliki bentuk bulat seperti surabi. Bedanya, Pan Cake terbuat dari tepung terigu, telur, dan susu.

Pan Cake memiliki cita rasa gurih dan akan menjadi manis saat ditambahkan dengan topping, seperti madu, pasta coklat, pasta stroberi, dan lain sebagainya. sedangkan, surabi hakikatnya memiliki cita rasa gurih dan asin, apalagi dengan toping yang juga tak kalah gurih, seperti oncom, telur, atau abon. Surabi merupakan Pan Cake nya Indonesia. Bedanya, jika pan cske dimasang diatas pan, surabi dimasak pada sebuah tungku masak yang terbuat dari tanah liat dan bentuk pan seperti mangkok. Karena terbuat dari tanah liat dan dimasak tanpa menggunakan minyak atau margarin, maka akan ada aroma khas surabi dan warna hitam yang justru membuat cita rasa surabi semakin nikmat.

Metamorfosa Surabi Kini Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin modern, surabi kini mengalami metamorfosa berkat tangan – tangan kreatif yang menciptakan surabi semakin disukai bahkan dengan tampilan dan rasa yang makin kaya. Kini, anda bisa menemukan surabi dengan rasa lebih beragam. Jika dulu surabi hanya terkenal dengan warna putih saja, kini ada surabi dengan warna – warni menarik, seperti pink, kuning, hingga hijau, warna tersebut bisa terbuat dari pewarna makanan hingga bahan alami seperti stroberi atau pandan. Toping yang beraneka ragam pun semakin menambah nikmatnya surabi ini.
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment