News
Loading...

Bahaya Bulu Kucing Untuk Kesehatan


Bahaya Bulu Kucing Untuk KesehatanKucing adalah hewan yang menggemaskan dan merupakan binatang peliharaan yang banyak diminati oleh banyak orang. Memelihara seekor kucing memang mempunyai manfa’at untuk membuat hati menjadi lebih tenang dan bahagia. Tingkat stres dalam jiwa seseorang juga bisa berkurang karena kebersamaan anda dengan kucing yang anda pelihara. Bisa dikatakan bahwa memelihara kucing dapat bermanfa’at bagi kesehatan jiwa seseorang yang tentunya akan berpengaruh baik terhadap kesehatan fisiknya.

Namun, perlu anda tahu bahwa dibalik kesenangan dalam memelihara kucing itu terdapat juga dampak buruk bagi kesehatan anda jika perawatan dan kesehatan kucing peliharaan anda kurang terjaga. Seperti beberapa orang juga mengalami alergi seperti gatal-gatal, mata berair, bersin, batuk, dan susah bernafas akibat masuknya bulu kucing masuk kedalam tubuh termasuk melalui hirupan.

Bulu kucing yang kurang terawat juga dapat menyebabkan terjadinya beberapa gejala infeksi seperti hidrosefalus, demam, penyakit kuning, pendarahan bawah kulit, anemia, dan pembesaran hati. Selain itu, bulu kucing juga dapat menyerang sistem pernafasan yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit asma pada seseorang akibat dari virus yang dibawa oleh kucing tersebut.

Penyakit toxoplasma yang disebabkan oleh sejenis parasit yang hidup dalam usus hewan termasuk dalam usus kucing juga rentan terjadi pada seseorang yang senang memelihara kucing. Kucing dapat menularkan penyakit toxoplasma terhadap manusia melalui bulu mauoun tinjanya, hingga melalui wadah bekas makanannya. Penyakit toxoplasma ini dapat menyebabkan gangguan kesehatan alat reproduksi wanita salah satunya mengakibatkan sulit hamil pada wanita hingga terjadinya kemandulan.

Virus pada bulu kucing karena perawatan dan kebersihan kucing yang kurang terjaga juga dapat mengakibatkan terjadinya keguguran pada ibu hamil dan resiko terjadinya bayi lahir cacat. Untuk itu, penting rasanya untuk tetap menjaga kebersihan kucing peliharaan anda dengan memandikannya minimal 1 minggu sekali dan menyediakan tempat khusus untuk buang air kucing. Anda juga perlu melakukan perawatan yang baik seperti melakukan pemeriksaan rutin kucing anda ke dokter hewan hingga melakukan vaksinasi untuk kesehatan kucing peliharaan anda. Selain itu, anda juga perlu memberikan makanan kucing yang mengandug gizi sesuai dengan kebutuhan tubuhnya.
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar :