News
Loading...

Tips Mengatasi Anak Hiperaktif Sejak Dini


Setiap orang tua pasti menginginkan seorang anak yang sehat yang dapat melewatkan tumbuh kembangnya dengan baik. Namun hal tersebut tidak bisa didapatkan dengan hanya berdiam diri dan pasrah, tetapi harus ada usaha dari orang tua agar anaknya tetap sehat. Banyak gangguan atau kelainan yang  ada pada anak, salah satunya adalah anak yang hiperaktif. Heperaktif merupakan aktivitas gerak yang berlebihan hal ini bisa terjadi karena ada kelainan pada syaraf. Semua orang memiliki kemungkinan mengalami hiperaktif terutama pada anak-anak. Seorang anak yang hiperaktif biasanya tidak tenang dan sulit untuk mengontrol dirinya sendiri. Jika tidak diatasi sejak dini seorang anak yang hiperaktif akan berlangsung sampai dewasa. Karena setiap anak mempunyai resiko yang sama mengalami hiperaktif harus ada upaya yang dilakukan oleh orang tua agar resiko hiperaktif bisa menurun. Dibawah ini beberapa cara mengatasi anak hiperaktif sejak dini :
  1. Tidur yang cukup
Tips mengatasi anak yang hiperaktif sejak dini yang pertama adalah mengatur waktu tidur.    Anak lebih banyak membutuhkan waktu untuk istirahat dengan cara tidur dibandingkan dengan orang dewasa. Hal ini bertujuan agar perkembangan otak anak dapat lebih maksimal. Sehingga otaknya mampu berfungsi dengan normal dan mengurangi gejala hiperaktif.

  1. Olahraga
Dengan berolahraga maka syaraf motoric akan terlatih, sehingga perkembangan otak anak akan lebih baik jika dibandingkan dengan anak yang jarang berolahraga. Banyak olahraga yang bisa dilakukan, tentunya dengan pengawasan orang tua agar keselamatan anak tersebut dapat terjaga saat berolahraga. Biasakan anak untuk berolahraga minimal 3 kali dalam seminggu.

  1. Mengatur aktivitas lebih terstruktur
Anak yang hiperaktif akan lebih sulit untuk diatur. Peran orang tua harus lebih maksimal untuk mengatur aktivitas anak dari mulai bangun sampai tidur kembali. Melalui pembiasaan tersebut diharapkan anak yang hiperaktif dapat hidup disiplin dan  tertata.

  1. Memberikan perhatian khusus
Tips selanjutnya cara mengatasi anak hiperaktif adalah dengan memberikannya perhatian. Beriakn apresiasi atas hal-hal positif yang dia kerjakan.


Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar