News
Loading...

Manfaat Makanan Sehat Untuk Tubuh

Manfaat Makanan Sehat Untuk Tubuh

Sebelum menjelaskan tentang manfaat makanan sehat, ada baiknya kita mengenal dulu makanan sehat tersebut. Makanan sehat merupakan makanan yang memiliki kandungan gizi lengkap, cukup dan seimbang. Kandungan gizi yang terdapat dalam makanan sehat adalah karbohidrat, protein, lemak, vitamin serta mineral. Tidak mungkin dalam satu jenis makanan terdapat kandungan gizi tersebut secara sempurna. 

Oleh karena itu diperlukan beberapa jenis makanan berbeda untuk melengkapi kebutuhan kita akan gizi tersebut. Jenis makanan sehat yang dibutuhkan oleh tubuh kita tersebut sudah diformulakan oleh para ahli kesehatan yaitu dalam 4 sehat 5 sempurna, yang terdiri dari makanan pokok, lauk pauk, sayuran, buah – buahan serta susu. 

Nah, ketika kita berbicara tentang manfaat makanan sehat, maka kita akan berbicara tentang manfaat dari makanan pokok, lauk pauk, sayuran, buah – buahan serta susu yang secara bersama – sama kita konsumsi.

Adapun manfaat yang diberikan oleh makanan sehat yang terbagi dalam makanan pokok, lauk pauk, sayuran, buah – buahan serta susu bagi tubuh kita adalah sebagai berikut :

1) Makanan Pokok. Makanan pokok merupakan makanan yang mengandung zat karbohidrat yang berguna sebagai sumber tenaga pada tubuh kita untuk dapat melakukan aktivitas sehari hari.

2) Lauk Pauk. Lauk pauk merupakan makanan yang mengandung zat protein yang berguna sebagai zat pembangun pada tubuh yang dapat mengganti sel sel tubuh yang rusak dengan sel sel baru (memperbaharui sel).

3) Sayur Sayuran. Sayur sayuran memiliki zat yang dapat memenuhi kebutuhan zat pengatur dalam tubuh kita. Zat pengatur berguna untuk mengatur tindakan yang ingin kita lakukan.

4) Buah Buahan. Fungsi dari buah buahan sebenarnya hampir sama dengan sayur – sayuran yaitu melengkapi kebutuhan zat pengatur pada tubuh manusia.

5) Susu. Salah satu manfaat mengkonsumsi susu adalah menguatkan tulang kita sehingga kita dapat terhindar dari penyakit tulang yaitu osteoporosis.

Demikian beberapa manfaat yang bisa kita peroleh dari makanan sehat yang terbagi dalam makanan pokok, lauk pauk, sayuran, buah – buahan serta susu bagi tubuh kita, agar kita memiliki tubuh yang sehat dan prima.
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar