News
Loading...

Macam-Macam Teknologi Pembelajaran Di Dunia

Image result for Macam-Macam Teknologi Pembelajaran Di Dunia

Pendidikan merupakan kegiatan untuk belajar membuat pola pikir dan mengembangkannya demi kemajuan umat manusia yang lebih baik. Saat ini pendidikan menjadi hal yang digunakan untuk membangun sebuah negara menjadi lebih maju. Pendidikan membutuhkan teknologi pembelajaran untuk membuat tujuan pendidikan lebih cepat tercapai. Adanya teknologi pembelajaran yang lebih modern dapat mempercepat stimulus peserta didik untuk lebih mengerti apa yang ingin disampaikan oleh guru. 

Dengan alat yang memancarkan gambar, suara atau teks dapat membuat proses belajar mengajar menjadi lebih menyenangkan. Peserta didik akan lebih banyak berkonsentrasi dibandingkan pembelajaran yang hanya berupa tulisan-tulisan. Selain itu, tidak semua orang mempunyai kecerdasan pada bahasa dan suka akan tulisan. Terkadang mereka suka dengan visual atau lebih suka mendengarkan dibandingkan membaca. Ada berbagai macam-macam teknologi pembelajaran di dunia, berikut ini beberapa contoh teknologi pembelajaran yang paling banyak digunakan di dunia.

Teknologi pendidikan perangkat keras yang meliputi proyektor, papan putih, film, rekaman pendidikan, sound amplifier dan TV. Penggunaan perangkat keras dalam proses pembelajaran bertujuan untuk mempercepat proses penyampaian. Hal ini dikarenakan perangkat tersebut akan secara otomatis menampilkan materi pendidikan yang diinginkan. Semisal proyektor yang dapat menampilkan slide demi slide atau gambar materi yang dibutuhkan dengan cepat dan mudah. Papan putih dapat membuat proses penyampaian materi merata ke seluruh kelas. Film, rekaman pendidikan, sound amplifier dan TV akan memberikan hal-hal yang dibutuhkan untuk proses pembelajaran yang lebih baik.

Adanya teknologi tersebut mempermudah proses pembelajaran sehinga peserta didik dapat lebih mudah mengerti maksud dari guru. Namun teknologi pembelajaran tidak hanya dengan perangkat keras. Perangkat lunak dalam proses pembelajaran juga penting semisal kedisiplinan, perintah, larangan, peraturan dan hukuman bisa menjadikan peserta didik lebih baik lagi. Alangkah baiknya jika kedua hal tersebut digabung menjadi satu kesatuan proses pembelajaran. Sehingga adanya proses pembelajaran auditif, visual atau auditif visual mejadikan semua peserta didik mampu memahami semua materi yang diberikan.

Dari adanya macam-macam teknologi untuk pembelajaran tersebut tentunya menjadikan kemudahan pemahaman peserta didik dan penyampaian dari guru.

Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar