News
Loading...

Mengetahui Bagaimana Prinsip Kerja Reksa Dana Syariah

Mengetahui Bagaimana Prinsip Kerja Reksa Dana Syariah
Reksa dana syariah

Secara umum Reksa Dana Konvensional dan Syariah tidak jauh berbeda sama-sama mengelola dana dari nasabah kepada hal seperti saham, penanaman modal dan lain sebagainya, bedanya hanya pada sistem pengolahan uangnya saja, jika Reksa Dana Konvensional menggunakan sistem umum, maka pada Reksa Dana Syariah KlikMAMI menggunakan sistem yang mengacu pada aturan syariat islam.

Dengan menggunakan Reksa Dana Syariah nasabah tidak perlu khawatir dengan kehalalan dari hasil yang diperoleh, karena memang sistem syariah merupakan sistem yang sangat menjaga betul dari hal seperti riba, barang haram dan lain sebagainya, selain itu prinsip kerja yang dilakukan juga berpedoman dana syariah, berikut beberapa Reksadana yang dilakukan:


Bagaimana Prinsip Kerja Reksa Dana Syariah?
Memiliki dewan pengawas syariah yang ditunjuk dari Dewan Efek Syariah (DES)
Sehingga nasabah tidak perlu khawatir uang yang dihasilkan dari investasi terdapat hal yang dilarang oleh agama, semua transaksi dan sistem selalu berhati-hati akan hal yang haram seperti tidak mau memberi saham pada perusahaan yang tidak terdapat label Halal dari MUI seperti rokok, minuman keras dan lain sebagainya.

Hanya memberi saham, penanaman dana pada pasar uang dan obligasi yang sesuai dengan prinsip syariah. Oleh karena itu dana yang dikelola seluruhnya akan bekerja sama dengan perusahaan yang memang benar-benar jelas halal dan terdaftar MUI, hal ini dilakukan hanya untuk memastikan dana yang akan di dapat benar-benar terhindar dari gangguan hal yang tidak halal.

Akan adanya pembersihan pada keuntungan jika dalam portofolio terdapat dana yang tidak sesuai dengan perhitungan atau prinsip syariah. Pembersihan dilakukan agar dana yang akan disalurkan kepada nasabah benar-benar bersih dari hal riba, dana akan dihitung ulang dan lebihnya akan dialirkan pada hal yang bersifat sedekah dan amal lainnya, sehingga selain mendapat keuntungan uang, nasabah juga diuntungkan dengan masalah amal dan pahala.

Dari prinsip kerja Reksa Dana Syariah yang telah dijelaskan di atas menjelaskan bahwa sistem yang dibuat memang benar-benar berhati-hati dari hal syariat, dan menjamin para nasabah terhindar dari hal riba dan uang haram.

Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar