News
Loading...

5 Tips Untuk Menyiapkan Anak Menghadapi Era New Normal

covid test terdekat

Kondisi pandemi Covid-19 yang hingga kini tak kunjung mereda tentu membuat para orang tua merasa khawatir. Terlebih era new normal sudah mulai berjalan, kemungkinan kegiatan belajar mengajar bagi anak-anak bisa saja dimulai. Kamu harus tetap menjalankan protokol kesehatan, mulai memakai masker, rajin mencuci tangan, dan tak kalah penting memastikan diri terhindar dari virus Covid-19 dengan melakukan Covid test terdekat di dokter atau RS terdaftar.

Lantas, bagaimana cara mempersiapkan anak-anak untuk menyambut masa transisi era new normal ini? Berikut tips dari The University of Texas Health Science Center at Houston untuk para orang tua yang bisa coba diterapkan mulai sekarang.



1. Jangan terlihat cemas di depan anak-anak

Pandemi Covid-19 memang kerap kali membuat kita cemas. Namun jangan sampai orang tua menunjukkan kecemasan ini di depan anak ya! Sebagai orang tua mestinya mencari informasi dan pengetahuan yang cukup terkait Covid-19 agar bisa mengedukasi anak-anak di rumah.

2. Membatasi informasi Covid-19 pada anak

Salah satu cara untuk meminimalisir kecemasan anak mengenai berita Covid-19 adalah dengan membatasi berita tentang Covid-19 itu sendiri. Meski demikian, sangat penting bagi orang tua untuk menjawab dengan jujur setiap pertanyaan yang mereka ajukan dengan bahasa yang lebih ramah, dan mudah dimengerti. Supaya mereka bisa lebih mudah mencerna informasi yang didapatkan.

3. Membuat jadwal harian

Lantaran sekolah belum dipastikan mulai kapan akan berjalan dengan normal. Orang tua bisa membuat jadwal rutin harian agar kondisi anak jadi stabil. Langkah ini juga bisa membantu mengurangi kecemasan. Cathy Guttentag, profesor pediatri McGovern Medical School UTHealth mengatakan bahwa sara penting mempertahankan kebiasaan rutin adalah dengan menjaga jadwal tidur anak tetap konsisten. Ia menambahkan jika selama belajar di rumah, kebanyakan anak suka tidur pagi, sehingga perlu dibuatkan jadwal tidur (siang dan malam), sarapan, makan siang, membaca buku, nonton TV agar kondisi stabil.

4. Buat anak tetap sibuk

Mengajak anak untuk selalu aktif dan tetap sibuk bisa menjadi cara yang baik untuk meredakan ketakutan dan kecemasan menghadapi masa transisi new normal ini. Orang tua bisa meminta anak untuk aktif berpartisipasi membersihkan rumah, mencuci baju, merapikan baju, dan kegiatan lain yang membuat mereka memiliki keterampilan baru serta lebih produktif.

5. Mengajak anak menerapkan gaya hidup sehat

Virus Covid-19 ini sangat mudah menyebar, untuk itu penting mengajarkan pola hidup sehat dan bersih pada anak. Dengan mengajarkan hidup sehat dan bersih akan menciptakan kebiasaan baru yang baik. Ajak anak untuk membiasakan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menutup area mulut saat batuk atau bersih, serta menjaga jarak dengan orang lain selain keluarga. Orang tua juga bisa memberi pengarahan bahwa yang diajarkan ini semata untuk kesehatan dan keamanan mereka agar terhindar dari virus Covid-19.

Selain itu, orang tua juga bisa menjamin keamanan dan kecemasan anak terhadap infeksi virus Covid-19 dengan melakukan Covid test terdekat baik itu dengan metode rapid test atau PCR. Daftar dokter dan juga rumah sakit untuk Covid test terdekat yang direkomendasikan Halodoc bisa dilihat di halaman ini. Kamu juga bisa konsultasi langsung via Chat, dan Voice/Video Call melalui aplikasi Halodoc!
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar