News
Loading...

Cara Menyembuhkan Alergi yang Aman dan Mudah Dilakukan


Dibandingkan orang dewasa, anak-anak yang masih dalam masa tumbuh kembang memiliki sistem imun yang belum sempurna. Oleh karena itu, anak-anak cenderung lebih sensitif terhadap sesuatu sehingga lebih mudah sakit. Salah satu masalah yang sering terjadi pada anak adalah alergi terhadap sesuatu. Kebanyakan alergi pada anak tidak bisa hilang, namun Anda bisa menekan frekuensi kambuh dengan menjauhkan si Kecil dari sumber alergen. Jika si Kecil sudah mendapatkan reaksi alergi, cara menyembuhkan alergi yang bisa dilakukan yaitu:

  • Mengenali Jenis Alergi

Apabila reaksi alergi pada si Kecil muncul, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengenali jenis alergi tersebut. Salah satu faktor penyebab munculnya alergi pada anak adalah genetik. Jadi coba cari tahu riwayat alergi di dalam keluarga Anda. Apabila ada anggota yang memiliki alergi terhadap sesuatu maka bisa jadi alergi si Kecil juga muncul karena hal yang sama. 



  • Jauhkan dari Sumber Alergen

Meskipun berada di usia yang sama namun sistem imun atau daya tahan tubuh anak bisa berbeda-beda. Sebagai contoh ada anak yang tidak mendapatkan reaksi ketika bermain debu namun ada anak yang merasa gatal jika terkena debu. Anda perlu mengetahui sumber alergi pada anak agar bisa menghindarinya. Beberapa hal yang biasanya menjadi alergen pada anak yaitu sabun mandi, bahan pakaian, debu, makanan, hingga lotion.

  • Pastikan Lingkungan Bersih

Ketika si Kecil mendapatkan reaksi alergi, langsung perhatikan lingkungan sekitar mereka. Mungkin saja lingkungan bermain mereka kotor dan penuh debu sehingga memicu reaksi alergi. Selain itu, bisa juga si Kecil mendapatkan reaksi alergi karena paparan polusi di lingkungan, asap rokok, atau asap kendaraan. Jauhkan polutan-polutan tersebut dari si Kecil agar tidak memperparah reaksi alergi yang didapatkan. Jika lingkungan bermain kotor maka segera bersihkan dan rapikan.

  • Berikan Obat Pereda Reaksi Alergi

Cara menyembuhkan alergi pada anak selanjutnya yaitu dengan memberikan obat pereda reaksi alergi. Namun pemilihan obat pereda reaksi alergi ini harus dilakukan dengan cermat dan teliti. Pastikan Anda mengikuti anjuran dokter saat memilih obat alergi. Alergi yang menyebabkan gatal-gatal biasanya bisa diberikan bedak, salep, atau lotion khusus.

  • Pastikan Produk Perawatan yang Digunakan Aman

Anak-anak belum memiliki sistem kekebalan yang sempurna, termasuk pada bagian kulitnya. Dibandingkan orang dewasa, kulit mereka jauh lebih sensitif terhadap bahan keras atau zat kimia. Sebaiknya Anda memperhatikan dengan baik pemilihan produk perawatan untuk si Kecil. Pastikan produk tidak mengandung bahan seperti pewangi, pewarna, ataupun alkohol. Hentikan pemakaian apabila si Kecil mengalami reaksi alergi setelah menggunakan produk tertentu.

  • Perhatikan Suhu Air Saat Memandikannya

Kebiasaan mandi si Kecil juga harus diperhatikan untuk membantu menyembuhkan alergi mereka. Perhatikan temperatur atau suhu air yang digunakan untuk memandikan si Kecil. Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua anak cocok dengan air panas. Anak dengan kondisi kulit kering dan sensitif kurang cocok dengan air panas. Namun bukan berarti si Kecil dimandikan dengan air dingin, Anda bisa menggunakan air hangat di bawah hangat kuku atau sesuai suhu tubuh bayi.

Itulah cara menyembuhkan alergi pada anak yang aman dan mudah untuk Anda lakukan. Apabila cara di atas masih belum membuahkan hasil, sebaiknya segera bawa si Kecil untuk mendapatkan perawatan selanjutnya. 

Jika Anda adalah tenaga kesehatan yang ingin mengembangkan ilmu dan mendapatkan informasi seputar pediatri dan nutrisi anak, Anda bisa bergabung dengan Nutricia Professional. Nutricia Professional merupakan sebuah platform yang ditujukan untuk tenaga kesehatan yang ingin mendapatkan informasi mengenai perkembangan ilmu di bidang pediatri dan nutrisi anak. Anda yang ingin bergabung bisa mendapatkan informasi di website nutriciaprofessional.id.

Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar