News
Loading...

Penting Diketahui 7 Penyebab Anak Susah Tidur


Melihat anak saat malam hari bisa tertidur dengan pulas dan nyenyak tentu menjadi salah satu kebahagiaan orang tua. Akan tetapi karena suatu hal bisa saja tidur anak menjadi terganggu bahkan menyebabkannya menjadi susah tidur. Saat anak mengalami hal ini tentu saja tidak hanya anak yang akan menjadi rewel tetapi juga anda sebagai orang tua akan terganggu dan khawatir dengan kondisi anak. Selain itu anak susah tidur juga berdampak pada esok harinya, kemungkinan kondisi anak menjadi kurang fokus atau mudah rewel karena kurangnya tidur.

Sebenarnya penyebab anak susah tidur sendiri bisa diketahui dengan melihat berbagai tanda sebelumnya sehingga pencegahannya dapat dilakukan dari awal. Ada berbagai penyebab yang bisa menjadikan anak anda mengalami susah tidur. Lalu apa saja penyebabnya tersebut? Berikut ini kami tuliskan 8 penyebab anak susah tidur.


  1. Anak mengalami kurang tidur siang. Masa anak-anak membutuhkan waktu tidur lebih banyak dibandingkan orang dewasa, akan tetapi keaktifan anak saat pagi hari atau terlalu asyik bermain hingga tidur siang bisa menjadi penyebab anak susah tidur malam. Dari itu sebagai orang tua pastikan waktu tidur anak tercukupi dalam sehari.

  2. Mengalami stres. Tidak hanya orang dewasa yang mengalami stres, anak-anak juga bisa terkena stres. Penyebab stres anak-anak sendiri bisa bermacam-macam misalnya masalah saat di sekolah, atau merasa tidak nyaman saat di rumah atau lingkungannya. Sebagai orang tua jika hal ini terjadi bisa meluangkan waktu dengan anak dan mengajaknya mengobrol bersama.

  3. Anak mengalami mimpi buruk. Walaupun jarang terjadi anak yang mengalami susah tidur juga bisa disebabkan mengalami mimpi yang buruk. Mimpi buruk yang menyebabkan anak ketakutan sehingga membuatnya sulit tidur kembali. Biasanya anak yang mengalami hal ini karena pengaruh tontonan yang mereka tonton sebelumnya dari tv, atau bisa juga dari bacaan berupa cerita seram sebelum tidur. Dari itu membersamai anak saat mengalami hal ini penting dilakukan.

  4. Konsumsi makanan tertentu. Minuman soda sebagian besarnya mengandung kafein yang dapat berpengaruh pada tidur anak. Selain itu konsumsi cokelat dan kopi juga bisa menjadi penyebab lainnya dari anak susah tidur. Sebaiknya dihindari berbagai jenis makanan tersebut terutama yang mengandung kafein karena bisa berpengaruh pada tidur anak.

  5. Adanya gangguan medis. Berbagai gangguan medis atau penyakit yang diderita anak juga bisa menjadi penyebab lainnya anak susah tidur. Semisal anak yang mengalami asma yang tidak terkontrol saat malam, gatal-gatal karena alergi kulit, atau hidung tersumbat saat sedang flu. Hal-hal seperti ini membuat anak tidak nyaman yang berdampak menjadi susah tidur saat malam hari. Jika hal ini terjadi sebaiknya segera konsultasikan ke dokter.

  6. Gangguan dari lingkungan. Gangguan yang dimaksud disini misalnya suhu udara di kamar anak yang terlalu panas atau dingin, cahaya lampu yang mengganggu sehingga menyebabkan anak kurang nyaman. Selain itu penggunaan gadget yang terlalu sering terlebih sebelum tidur juga berdampak pada anak menjadi susah tidur, sehingga bagi orang tua sebaiknya matikan gadget saat menjelang anak tidur.

  7. Adanya efek samping dari penggunaan obat. Obat-obatan tertentu yang dikonsumsi anak terkadang bisa juga menjadi penyebab anak susah tidur. Terlebih memberikan obat-obatan tertentu tanpa sepengetahuan dokter sebaiknya dihindari karena bisa berdampak yang lebih buruk pada anak. Sebagai orang tua saat memeriksakan anak ke dokter dan diharuskan dalam mengkonsumsi obat-obatan, tanyakan juga efek sampingnya untuk anak. 

Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar