News
Loading...

Cara Mengetahui Cincin Berlian Asli atau Palsu Dengan Teknik 5C



Berlian merupakan batu permata yang paling dikagumi oleh para wanita. Keindahannya tiada duanya sehingga sering menghiasi macam-macam perhiasan wanita. Perhiasan yang paling sering menggunakan berlian adalah cincin. Cincin berlian asli memiliki model yang sangat beragam dengan nilai yang tinggi. Namun sebelum membeli cincin asli, Anda wajib mengetahui cara membedakan antara cincin asli dan palsu.

Salah satu caranya yaitu dengan teknik 4C atau memperhatikan kualitas berlian. Faktor 4C ini terdiri dari color, cut, clarity, carat, dan certificate. Berikut penjelasan selengkapnya untuk Anda:



Clarity atau Kejernihan

Faktor pertama adalah clarity atau kejernihan. Berlian yang jernih tidak memiliki tanda cacat. Selain itu, berlian juga harus bebas dari noda atau goresan. Semakin banyak tanda cacat di dalam berlian maka nilainya semakin rendah. Hal tersebut karena kemilauan berlian juga semakin redup.

Berdasarkan penilaian GIA (Gemological Institute of America), kualitas kejernihan sebuah berlian ditentukan flawless, internal flawless, VVS1, VVS2, VS1, dan VS2. Memang ada berlian flawless yang tanpa noda, namun harganya sangat tinggi. Apabila Anda menemukan berlian flawless dengan harga murah maka perlu dipertanyakan keasliannya.

Cut atau Potongan

Cut atau potongan menjadi faktor selanjutnya yang menentukan kualitas sebuah berlian. Dengan potongan yang tepat, pantulan dari berlian akan sangat indah. Anda bisa melihat bentuk potongan melalui atas. Biasanya potongan berlian berbentuk bundar, kotak, oval, dan lain sebagainya. 

Pada sertifikat GIA, potongan berlian dinilai dengan good, fair, ideal, very good, dan signature ideal. Berlian signature ideal adalah yang paling bagus dengan nilai yang tinggi. Jika berlian asli, potongan berlian signature ideal akan sangat mahal.

Color atau Warna

Cincin berlian wanita biasanya menggunakan berlian berwarna putih bening. Warna berlian ini lebih banyak dan lebih mudah ditemukan di pasaran. Kualitas berlian berwarna putih bening ditentukan dengan skala D hingga Z oleh GIA. D adalah warna terbaik, sedangkan Z adalah warna yang paling kusam. Selain berlian putih bening, ada juga berlian warna lain seperti kuning. Harga berlian tersebut sangat tinggi jadi Anda akan jarang menemukannya.

Carat atau Berat Karat

Carat atau berat karat juga menentukan kualitas sebuah berlian. Dalam standar internasional, 1 karat berarti 200 gram. Semakin tinggi nilai berat karat maka harganya juga akan semakin mahal. Namun perlu Anda ketahui bahwa berat karat berbeda dengan besar berlian. Berhati-hatilah dengan berlian berukuran besar namun sangat ringan ketika dipegang. Bisa saja cincin yang Anda beli palsu.

Certificate atau Sertifikat

Sebenarnya cara paling mudah untuk mengetahui keaslian cincin berlian adalah dengan melihat sertifikatnya. Jika cincin yang Anda beli memiliki sertifikat, maka cincin tersebut menggunakan berlian asli. Namun pastikan bahwa lembaga yang mengeluarkan sertifikat adalah lembaga yang kredibel. GIA merupakan lembaga yang paling banyak digunakan oleh perhiasan-perhiasan Indonesia.

Itulah cara mengetahui cincin berlian asli atau palsu dengan teknik 5C. Selain dengan melihat kualitasnya, Anda juga harus memastikan membeli cincin berlian dari brand yang terpercaya seperti Mondial Jeweler. Brand satu ini adalah brand ternama dan masuk ke dalam CMK Club dari PT Central Mega Kencana. 

Banyak sekali cincin dengan berlian asli yang bisa Anda beli untuk menunjang penampilan. Salah satunya yang sedang tren adalah joette diamond ring dari Mondial Dreams. Tidak usah khawatir, Mondial Jeweler juga memberikan sertifikat sebagai bukti keaslian berlian. Tertarik dengan koleksi cincinnya? Anda bisa datang langsung ke store resmi atau mengunjungi website www.mondialjeweler.com

Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar