News
Loading...

Jenis-Jenis Kamera DSLR Nikon Sesuai Tingkatan Skill Fotografi


Jenis-Jenis Kamera DSLR Nikon Sesuai Tingkatan Skill Fotografi
Kamera DSLR Nikon menjadi merek kamera DSLR paling konservatif dalam teknologi kamera. Hal ini terlihat dari kemampuan lensa lama Nikon yang masih mumpuni untuk digunakan pada kamera keluaran baru sekalipun. Nikon juga menjadi salah satu pabrikan kamera dengan penggemar terbanyak di dunia. Hingga kini telah banyak kamera yang diproduksi Nikon, baik itu SLR maupun DSLR.

Kamera DSLR Nikon terkenal akan kekuatannya yang dinilai awet alias tahan banting. Jika dibandingkan dengan pesaingnya yang lain, harga Nikon memang relatif lebih mahal. Meskipun demikian, harga tersebut masih dianggap wajar karena sebanding dengan kekuatan bodi kamera yang kokoh serta berbagai macam fitur yang ditawarkan.

Seri kamera DSLR Nikon menggunakan inisial huruf “D” yang artinya adalah digital. Huruf D tersebut diletakan sebelum kode seri angka. Sebagai contoh misalnya adalah Nikon D3000, D600 ataupu D6. Jika didasarkan pada segmen pasarnya, kamera DSLR Nikon ini dibagi menjadi 3 segmen, diantaranya adalah sebagai berikut.

Kamera DSLR Nikon Kelas Low End Untuk Pemula
Seperti kamera untuk kelas pemula pada umumnya, Nikon juga merancang kamera untuk segmen ini dengan lebih sederhana. Keunggulan dari kamera DSLR Nikon dibanding para pesaingnya adalah terletak pada kualitas bahan yang digunakan. Meskipun hanya untuk kelas pemula, kualitas bahan yang digunakan Nikon tergolong lebih kokoh dan tahan banting. Bentuk desainnya pun lebih nyaman untuk digenggam dan tidak licin. Hanya saja Nikon tidak membekali bodi kamera low end-nya ini dengan motor focus. Sehingga lensa yang cocok untuk bodi kamera ini hanya lensa berseri AF-S dengan built-in motor. Hal ini menjadi salah satu kelemahan dari kamera DSLR Nikon low end.

Selain itu pada segmen ini juga terdapat segmen lainnya untuk para pemula yang telah lebih serius dalam menekuni fotografi sebagai hobi. Segmen ini dibuat untuk menjembatani kelas low end menuju kelas midle end. Dari segi tampilan sendiri Nikon menawarkan mode yang lebih apik. Salah satunya adalah desain LCD yang dapat dilipat atau diputar meskipun tidak pada semua seri. Teknologi yang diadopsi juga lebih canggih sehingga tingkat kerumitan pengguna juga lebih sukar jika dibandingkan dengan kelas terendah.

Kamera DSLR Nikon Kelas Midle End Untuk Pehobi Fotografi
Segmen pasar kelas midle end ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan segmen pasar kelas pemula. Oleh karena itu kamera ini telah dilengkapi dengan fitur perekam video yang mampu menghasilkan rekaman video berkualitas tinggi. Selain itu juga pada kelas ini Nikon telah memasang built in motor focus. Sehingga kamera ini sudah cocok untuk dipasangi lensa berjenis AF-D. Kecepatan yang ditawarkan dalam mengambil foto juga lebih baik.

Bodi kamera DSLR Nikon midle end pada umumnya dirancang lebih besar. Hal ini dikarenakan teknologi yang digunakan sudah lebih lengkap sehingga membutuhkan lebih banyak tombol pada bodi kamera. Kamera jenis midle end Nikon memang dibuat untuk mereka yang telah mengerti teknik dasar fotografi dan yang membutuhkan fitur yang lebih canggih lagi. Bahkan Nikon menawarkan dua buah LCD, satu LCD tambahan berupa monokrom. Pada seri D600 bahkan telah mengadopsi sensor full frame sehingga menjadi kamera DSLR full frame dengan harga murah.

Kamera DSLR Nikon Kelas High End Untuk Fotografer Profesional
Kamera DSLR Nikon kelas high end diklaim sebagai kamera dengan kualitas gambar terbaik jika dibandingkan dengan kamera merek lain dikelas yang sama. Nikon menawarkan sensor full frame berkekuatan hingga 36 mega pixel. Sensor tersebut menjadi sensor full frame terbesar untuk ukuran DSLR. Dari segi bahan dan teknologi yang digunakan, tentu kelas high end adalah kelas yang paling mutakhir.

Beberapa Hal Yang Perlu Diingat Dari Kamera DSLR Nikon
Hal-hal yang perlu diingat dari kamera DSLR Nikon sebelum memutuskan untuk membelinya diantaranya adalah

• DSLR Nikon DX memiliki sensor APS-C, sedangkan seri FX memiliki sensor full frame
• Bodi kamera DX dapat dipasangi semua jenis lensa, sedangkan bodi kamera FX hanya dapat menggunakan lensa FX saja. jika dipaksakan menggunakan jenis lensa lain maka akan muncul vignet.
• Semua kamera DSLR Nikon memiliki mounting jenis “F” bahkan lensa Nikon keluaran dulu yang masih menggunakan film negatif masih cocok dan dapat digunakan untuk bodi kamera keluaran sekarang.
• Bodi kamera DSLR Nikon pada segmen low end hanya memiliki 1 LCD, sedangkan pada segmen yang lebih tinggi seperti pada midle end dan high end telah dipasangkan LCD monokrom pada bagian atas kamera.
• Pada mounting kamera Nikon dikenal dengan dua jenis lensa yaitu lensa AF-S dan AF-D
• Jika dibandingkan dengan pesaingnya, titik fokus kamera yang disediakan Nikon lebih baik dan berkualitas pada semua segmennya.
• Pada kamera dengan segmen midle end dan high end telah dilengkapi dengan built in focus motor sehingga dapat menggunakan lensa jenis non AF-S.
• Bodi kamera Nikon seri D4, D800 dan D600 terbuat dari bahan magnesium alloy, bukan dari bahan plastik biasa sehingga bodi kamera lebih kokoh dan tahan banting.
• Kamera Nikon dengan seri D5xxx dapat dilipat.
• Semua seri kamera DSLR Nikon telah built ini flash, kecuali pada kelas high end seperti D4
• Resolusi kamera terbesar yang dimiliki Nikon adalah 36 mega pixel yang terdapat pada Nikon D800 dan D800E.

Kamera DSLR Yang Direkomendasikan Untuk Anda
Setelah mengetahui berbagai macam kelebihan yang dimiliki oleh kamera DSLR Nikon di atas, berikut adalah beberapa harga kamera DSLR Nikon yang direkomendasikan untuk anda terlebih bagi anda yang masih pemula.

• Kamera DSLR Nikon Untuk Pemula Dengan Budget 5 Jutaan
Kamera yang direkomendasikn untuk anda yang masih pemula dengan budget sekitar 5 jutaan diantaranya adalah D3200 atau D3300. Meski hanya dilengkapi dengan lensa kit, namun lensa tersebut cukup power full.

• Kamera DSLR Nikon Untuk Pemula Dengan Budget 6-10 Jutaan
Selanjutnya yang direkomendasikan untuk anda, pemula dengan budget lumayan adalah D5300 plus lensa 50mm, ataupun dikombinasikan dengan lensa tele 55-200 mm VR Nikon. Kombinasi keduanya sudah sangat bagus untuk belajar fotografi.

• Kamera DSLR Nikon Untuk Pemula Dengan Budget Di Atas 10 Jutaan
Untuk anda yang memiliki budget di atas 10 juta, anda dapat memilih D7100 atau D7200 plus lensa 50 mm atau lensa tele 55-200 mm VR. Jika dana anda berlebih anda dapat memilih D610 full frame, hanya saja yang perlu diingat adalah jika memilih kamera full frame, maka lensa yang dibutuhkan juga rata-rata cukup mahal.

• Kamera DSLR Nikon Lainnya.
Kamera DSLR Nikon yang dapat digunakan untuk kegiatan-kegiatan lainnya seperti landscaper, anda dapat menggunakan D3300 Kit. Untuk fotografi pernikahan dapat menggunakan D750 yang berharga 21 jutaan. Sedang untuk sport jurnalis lebih baik menggunakan D7200 dan D500 yang berharga 27 jutaan.
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar