News
Loading...

Mengintip Tren Digital Marketing Di Tahun 2020

Digital Marketing
Tren digital marketing selalu mengalami perkembangan seiring dengan kemajuan teknologi. Untuk itu, bagi Anda yang sedang belajar digital, atau mempelajari ilmu tentang digital marketing, maka tak ada salahnya untuk memahami beberapa prediksi tren digital marketing di tahun 2020 yang dinilai mampu meningkatkan kebutuhan sebuah bisnis online.

Seperti yang kita ketahui, Indonesia sendiri telah berada di peringkat kelima besar sebagai pengguna media sosial terbanyak di dunia ini menurut laman Guardian. Tak hanya itu, berdasarkan survei yang dilakukan oleh Hootsuite We Are Social, disebutkan bahwa pengguna internet di Indonesia rata-rata menghabiskan waktu sekitar 8 jam 36 menit. Sementara yang lainnya menghabiskan waktu sekitar 2 jam 52 menit untuk menggunakan sosial media ataupun sekedar streaming video.

Digital Marketing
Berdasarkan beberapa survei diatas, maka di saat yang bersamaan pula muncul tren digital marketing agar dapat memanfaatkan kebiasaan para pengguna internet dan sosial media Indonesia tersebut demi menjaring konsumen bagi bisnis online. Lantas, kira-kira seperti apakah tren-nya? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

1. Website yang “mobile friendly”

Semakin canggih teknologi dan semakin modern zaman, maka mobilitas masyarakat pun akan semakin cepat, khususnya bagi para milenial yang menginginkan segalanya lebih bisa di akses dengan cara yang mudah serta cepat. Maka dari itu, penggunaan Smartphone (mobile) lebih sering digunakan ketimbang PC atau laptop. Lantas, disinilah muncul tren untuk menciptakan website yang bersifat mobile atau yang disebut dengan PWAs (progressive Web Apps), demi menjangkau konsumen generasi milenial tersebut.

Bagi yang sedang belajar digital, PWAs sendiri adalah istilah untuk sebuah website yang dapat digunakan seperti sebuah aplikasi smartphone, sehingga pengguna tidak diribetkan dengan proses loading yang lama serta tanpa harus menginstal. Menariknya, dengan PWAs ini, pengguna smartphone pun bisa mengakses website pada saat offline dengan menampilkan tampilan seperti saat terakhir kali dikunjungi. Dengan kata lain, pemilik smartphone bisa mengakses website tersebut kapan saja tanpa harus memikirkan koneksi internet.

2. Penggunaan kecerdasan buatan AI (Artificial Intelligence)

Bicara soal teknologi, maka untuk urusan digital marketing kita tidak boleh melupakan teknologi kecerdasan buatan ini atau AI (Artificial Intelligence). Sejak beberapa tahun yang lalu, teknologi ini sedang gencar-gencarnya di canangkan dalam berbagai industri termasuk untuk digital marketing. menggunakan AI tentu saja memiliki banyak keuntungan, diantaranya adalah mendapatkan sebuah tindakan yang terukur yang dilakukan oleh konsumen, hingga menetapkan penerapan lanjutannya.

Sebagai contoh pemasaran digital yang menggunakan teknologi AI antara lain adalah fitur Discover Weekly dari Spotify, yang mampu memberikan rekomendasi lagu lagu terbaik yang kemungkinan besar akan disukai oleh pengguna dengan cara memperhatikan data historis mengenai lagu apa saja yang terakhir konsumen dengar.

Dengan begitu, teknologi AI dalam digital marketing setiap tahun selalu mengalami perkembangan dan selalu menjadi tren sejak beberapa tahun belakangan, hingga di tahun 2020 ini.

3. Penerapan video marketing

Seperti yang kita semua ketahui, bahwa YouTube telah menjadi salah satu aplikasi terbesar dan yang paling banyak di akses di bumi ini. Maka tak heran jika orang-orang sekarang sudah banyak yang berusaha untuk memberikan tayangan terbaik di channel mereka sebagai content creator. Lantas, mengapa hal ini bisa terjadi?

Jawabannya adalah karena saat ini orang-orang lebih menyukai konten video ketimbang gambar atau sekedar tulisan. Jadi dengan kata lain, bagi Anda yang ingin memasarkan bisnis, maka harus mencoba pemasaran berbentuk video demi mendapatkan atensi dari para pengguna sosial media dan internet saat ini.

Itulah tadi beberapa informasi singkat mengenai tren digital marketing di tahun 2020 ini, bagaimana menurut Anda? sebenarnya masih ada banyak lagi tren digital marketing yang bisa Anda ketahui, apalagi bagi yang sedang belajar digital. Untuk itu, segera pelajari dengan bergabung bersama IDS (International design school) yang turut membahas seputar digital marketing. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi https://idseducation.com/course/digital-marketing/ sekarang juga!




Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar