News
Loading...

Dampak Positif Kebiasaan Makan Bersama Keluarga

makan bersama
Untuk membentuk pola makan yang sehat bagi si kecil yang efektif adalah dengan rutin melakukan kebiasaan bersama. Kegiatan bersama ini tentu saja adalah kebiasaan makan bersama seluruh anggota keluarga. Kebiasaan bersama ini dirasa sangat efektif membentuk pola makan sehat bagi si kecil, Karena si kecil berpartisipasi langsung dalam kegiatan ini.

Berikut ini beberapa dampak positif dari kebiasaan makan bersama keluarga untuk tumbuh kembang si kecil. Yaitu:

Asupan Gizi Harian Terpenuhi


Dengan melakukan kebiasaan bersama di ruang makan ini akan memberikan dampak positif pada asupan gizi harian. Asupan gizi harian seluruh anggota keluarga termasuk si kecil akan terpenuhi. Si Kecil tidak akan pilih-pilih makanan dan mau makan seluruh makanan yang telah disediakan oleh ibu. Hal ini dikarenakan seluruh anggota keluarga telah memberikan contoh positif pada si kecil dengan tidak memilih-milih makanan.
makan bersama

Mengenalkan Pola Makan Sehat Pada Si Kecil


Dengan kebiasaan kebersamaan ini sama saja dengan mengenalkan pada si kecil tentang pola makan sehat secara langsung. Dan cara ini dipercaya lebih efektif karena si kecil dapat melihat dan mengamati secara langsung anggota keluarga lainnya ketika makan. 

Membangun Komunikasi


Menghabiskan waktu bersama di ruang makan akan menjadi waktu yang tepat untuk membangun komunikasi antar anggota keluarga. Masing-masing anggota keluarga dapat saling bertukar cerita tentang kegiatan seharian penuh. Suasana hangat pada ruang makan akan berdampak positif keharmonisan keluarga. Tentu saja hal ini akan menciptakan suasana nyaman pada seluruh anggota keluarga, sehingga akan berdampak pada nafsu makan.

Demikian 3 manfaat dari menghabiskan waktu kebersamaan di ruang makan, untuk mewujud 3 manfaat di atas, sebaiknya ibu dan anggota keluarga saling bekerjasama untuk menciptakan momen tersebut. Setidaknya lakukan 5 hal berikut ini, yaitu:
  • Membuat jadwal makan bersama bersama seluruh anggota keluarga

  • Menyiapkan menu makan dengan gizi seimbang

  • Menghindari asyik sendiri dengan TV atau gadget

  • Menghangatkan suasana dengan mengobrol santai

  • Tidak perlu berdebat tentang makanan, dan buatlah kebiasaan untuk mengambil makanan secukupnya dan jangan tersisa.
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar