News
Loading...

Mengetahui Perbedaan Antara Seserahan Lamaran dan Pernikahan



Menyiapkan seserahan untuk meminang pujaan hati memang sudah menjadi adat dan budaya bagi masyarakat Indonesia dari berbagai daerah. Selain menyiapkan seserahan pernikahan, pihak laki-laki terkadang juga perlu menyiapkan seserahan lamaran atau engagement. Namun ternyata barang-barang untuk seserahan keduanya bisa berbeda. Ada barang yang dibawa saat pernikahan namun tidak dibawa saat melamar. Apakah Anda penasaran apa saja perbedaannya? Berikut di antaranya:

Makanan atau Kue Tradisional

Makanan atau kue tradisional sudah lazim digunakan sebagai isian seserahan. Namun Anda mungkin bingung makanan dan kue ini digunakan untuk wedding atau engagement. Keduanya biasanya menggunakan makanan atau kue tradisional untuk seserahan. Perbedaannya, Anda tidak akan menemukan jenang pada seserahan pernikahan. Jenang memang identik dengan engagement karena memiliki makna sebagai harapan agar calon pengantin bisa tetap bersama hingga pernikahan. 

Daun Suruh Ayu

Daun suruh ayu sebenarnya tidak selalu ada di dalam isian seserahan. Pada umumnya penggunaan daun suruh ayu sebagai seserahan tergantung dari adat yang digunakan oleh calon pengantin. Namun apabila adat mengharuskan menggunakan daun sirih sebagai seserahan, maka biasanya daun ini ada di dalam seserahan pernikahan. Maknanya yaitu agar calon pengantin memiliki kehidupan yang bahagia dan terhindar dari berbagai mara bahaya.




Buah-buahan

Perbedaan selanjutnya yaitu dari isian buah-buahan. Anda biasanya akan menemukan buah-buahan pada seserahan untuk engagement atau lamaran. Sangat jarang orang yang menggunakan buah-buahan pada seserahan wedding atau pernikahan. Adapun buah yang digunakan untuk seserahan yaitu anggur, apel, dan jeruk. Seserahan buah-buahan sebagai simbol harapan agar pengantin bahagia meskipun banyak cobaan.

Peralatan Sholat

Peralatan sholat adalah seserahan yang biasanya diberikan pada acara pernikahan. Anda tidak akan menemukan seorang laki-laki melamar wanita dengan seserahan peralatan sholat. Pasalnya hal tersebut sangat jarang sekali terjadi. Biasanya seserahan ini juga masuk ke dalam mas kawin yang penyerahannya diberikan bersamaan dengan seserahan lainnya. Jadi Anda yang ingin melamar pujaan hati tidak membutuhkan peralatan sholat sebagai seserahan.

Perlengkapan Mandi, Kosmetik, dan Skincare

Seserahan untuk melamar ternyata juga tidak membutuhkan perlengkapan kecantikan seperti perlengkapan mandi, kosmetik, dan skincare. Sebaiknya Anda menjadikan barang-barang tersebut sebagai seserahan pernikahan saja. Dibandingkan dengan seserahan pernikahan, seserahan untuk melamar memang jauh lebih sedikit. Meskipun begitu, Anda tetap harus memilih seserahan dengan baik.

Selop, Kain, dan Kebaya

Seserahan berupa selop, kain, dan kebaya biasa diberikan saat melamar apabila jarak antara pernikahan dan lamaran jauh. Pasalnya barang-barang tersebut bisa digunakan oleh mempelai wanita saat acara pernikahan. Namun jika jarak antara kedua acara penting tersebut berdekatan, Anda bisa menjadikan selop, kain, dan kebaya sebagai seserahan pernikahan. Jenis seserahan ini bisa dikatakan fleksibel karena bisa diberikan kapan saja. 

Mas Kawin

Namanya saja mas kawin, sudah pasti seserahan ini ada pada saat acara pernikahan. Anda tidak membutuhkan mas kawin ketika melamar pasangan. Pada umumnya, mas kawin berisi berbagai aksesoris atau perhiasan dari emas dan berlian. Anda bisa memilih perhiasan seperti kalung berlian, cincin berlian, gelang berlian, liontin berlian, dan lain sebagainya.

Itulah pembahasan mengenai perbedaan antara seserahan lamaran dengan pernikahan. Sekarang Anda sudah tahu bukan apa perbedaannya?. Jika mencari perhiasan berlian untuk seserahan, mas kawin, ataupun cincin tunangan dan cincin nikah, Anda bisa menemukannya di Mondial Jeweler. Ada juga layanan custom yang membuat cincin tunangan Anda lebih berarti. Dapatkan informasi mengenai koleksi perhiasan berlian dari Mondial Jeweler melalui website resminya di mondialjeweler.com.

Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar