News
Loading...

8 Konsumsi Makanan Nutrisi Tinggi Yang Penting Untuk Anak

Perkembangan anak yang optimal ditunjang dengan berbagai macam cara, selain kasih sayang bagaimana asupan makanan yang dikonsumsi juga penting diperhatikan. Konsumsi makanan yang sehat bisa memberikan dampak untuk tumbuh kembang anak yang baik dan juga membuat si kecil menjadi lebih aktif dan mudah bersosialisasi. Konsumsi makanan nutrisi tinggi untuk anak juga bisa beragam sehingga bagi anda dapat lebih mudah dalam memberikan pilihan untuk anak.

Variasi untuk makanan nutrisi tinggi yang bisa diberikan ke anak juga harus memperhatikan akan pedoman pemenuhan gizinya. Mulai dari karbohidrat, protein, vitamin, lemak, mineral dan lainnya sebaiknya dalam memberikannya memperhatikan akan kebutuhan harian nutrisi yang diperlukan anak. Sebagai rekomendasi untuk anda dalam memilih makanan bernutrisi tinggi yang bisa diberikan untuk anak berikut ini diantaranya.

Konsumsi susu. Air susu menjadi makanan penting yang bisa diberikan untuk anak, terlebih saat usia anak dibawah satu tahun maka ASi adalah susu terbaik yang bisa diberikan kepada anak. Dalam susu terdapat berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan anak mulai dari protein, kalsium, fosfor, vitamin, dan berbagai nutrisi lainnya. 

Buah alpukat. Dalam buah alpukat terkandung nutrisi seperti lemak tak jenuh yang sangat baik untuk kesehatan. Selain itu dalam alpukat juga terkandung vitamin A untuk kesehatan mata dan vitamin E yang bisa memperkuat daya ingat. Untuk memberikannya kepada anak juga sangat mudah karena rasanya yang enak sehingga banyak anak yang menyukainya.

Buah pisang. Buah pisang sangat cocok dijadikan sebagai makanan tambahan untuk anak karena kandungan nutrisinya yang tinggi. Dalam pisang terkandung kalium yang baik untuk keseimbangan cairan dan sinyal saraf dalam tubuh. Selain itu vitamin B6, karbohidrat, dan serat juga terkandung dalam buah pisang.

Wortel. Wortel menjadi jenis makanan lainnya yang penting untuk diberikan kepada anak. Dalam wortel terkandung nutrisi yang penting untuk kesehatan mata anak karena kandungan vitamin A yang tinggi. Selain itu kandungan serat dalam wortel juga baik untuk kesehatan pencernaan. Konsumsi yang rutin dari wortel juga memberikan manfaat untuk memperkuat tulang dan gigi karena kandungan vitamin K nya.

Sayur Brokoli. Memberikan brokoli sebagai salah satu sayuran untuk konsumsi anak sangat baik karena kandungan nutrisinya yang lengkap. Mulai dari vitamin C, A, K, E, asam folat, dan selenium menjadi beberapa jenis nutrisi yang terkandung dalam brokoli. Konsumsi dari brokoli juga memberikan manfaat untuk mencegah terjadinya kanker.

Konsumsi daging ayam. Daging ayam menjadi salah satu sumber untuk protein hewani yang baik. Dalam daging ayam juga terkandung tryptophan sebagai antidepresan dan fosfor untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Selain itu berbagai nutrisi lainnya dalam daging ayam juga sangat baik untuk perkembangan tubuh anak seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin B2, dan yang lainnya.

Konsumsi ikan. Konsumsi ikan terutama jenis ikan laut seperti salmon, tuna, kembung, tongkol, dan yang lainnya sangat baik untuk kecerdasan otak anak. Ini karena kandungan omega 3, AHA, dan DHA dalam ikan memiliki nutrisi yang tinggi. Dari itu anda bisa menghadirkan menu ikan sebagai salah satu menu harian untuk anak.

Telur. Dalam telur terkandung nutrisi seperti protein yang baik untuk pertumbuhan anak. Selain itu telur juga bermanfaat untuk kesehatan mata anak karena kandungan lutein dan zeaxanthinnya. Nutrisi lainnya seperti vitamin B12 dan asam folat dalam telur juga baik untuk menjaga kesehatan saraf.


Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar