News
Loading...

Hal yang Harus Menjadi Pertimbangan Sebelum Sekolah Film

Sekolah film merupakan salah satu jurusan yang sering ditanyakan oleh para fresh graduate yang baru saja lulus. Supaya Anda tidak merasa salah jurusan di tengah jalan. Anda harus mengenali lebih dulu, hal – hal yang bisa menjadi bahan pertimbangan sebelum memilih untuk melanjutkan kuliah di jurusan film. 

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk sekolah perfilman di IDS School.

1. Temukan Alasan yang Kuat Kenapa Kamu Memilih Jurusan Perfilman

Pertama, kamu harus memiliki alasan yang kuat untuk sekolah jurusan perfilman. Tanyakan pada dirimu sendiri dan temukan jawabannya dalam dirimu sendiri, Kenapa kamu ingin mendalami ilmu perfilman?.  Apa yang ingin kamu pelajari di jurusan ini?  

Dengan kamu mengenali dirimu sendiri, maka ke depannya kamu akan menjadi lebih mudah dalam mempelajari mata kuliah yang disediakan.  

2. Kenali Mata Kuliah yang Akan Dipelajari 

Ketika Anda memutuskan untuk kuliah di jurusan per film an, pastikan Anda suda tahu tentang apa saja mata kuliah yang akan di pelajar. Hal ini membuat Anda terhindar dari drama salah jurusan ketika berkuliah. Biasanya pihak institusi telah memberikan susunan mata kuliah yang lengkap dari semester pertama hingga semester akhir. Pahami benar – benar informasi tersebut dan pastikan Anda tertarik untuk mempelajarinya. Anda tidak harus mengetahui setiap makul secara detail, setidaknya garis besarnya dahulu. 

3.  Tugas yang Diberikan 

Tugas utama seseorang yang kuliah di jurusan film tentunya adalah membuat film. Dari setiap tugas yang diberikan tersebut, tentunya semua akan dipantau oleh dosen dengan standarisasi pembuatan film sesuai dengan kurikulum institusi dan tentunya terstruktur. 

Jika kamu suka model pembelajaran seperti ini, mungkin sekolah film cocok untuk kamu. Namun, jika kamu lebih suka belajar dengan cara trial and error dan tidak terstruktur atau sesuai pengalaman saja, maka sekolah film bisa jadi tidak cocok dengan kamu. 


4. Industri Perfilman Tidak Memandang Gelar 

Untuk kamu yang ingin terjun di industri perfilman, kamu tidak harus kuliah di jurusan film. Namun, kuliah di jurusan per film an bisa mengenalkan mu lebih dalam soal proses produksi film hingga pemasarannya dan berbagai elemen penting di dalamnya secara detail. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan pengetahuan yang luas terkait literatur per film an. 

Jadi, jika kamu ingin kuliah di jurusan ini, baiknya niatmu tidak semata – mata hanya untuk mengejar gelar untuk berkancah di Industri per film an, karena pada faktanya, banyak orang yang ada di industri film namun berasal dari background pendidikan yang tidak berhubungan.  

Sebagai orang yang mengenyam pendidikan yang linier dengan dunia film, kamu dituntut untuk bisa lebih baik dari mereka. 

5. Prospek Kerja 

Setelah lulus kuliah, ada dua pilihan yang masih harus dihadapi para mahasiswa yaitu melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi lagi atau bekerja. 

Setelah lulus sarjana, mereka biasanya memilih untuk langsung bekerja. Jika pun harus melanjutkan pendidikan, mereka akan melanjutkan pendidikannya sambil bekerja. 

Prospek lulusan begitu luas dan sangat dibutuhkan oleh industri kreatif dewasa ini. Beberapa prospeknya adalah sebagai penyiar, video editor, jurnalis, produser, sutradara dan masih banyak lagi. 

Itulah lima hal yang harus kamu perhatikan jika ingin sekolah film. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk melanjutkan pendidikan ke sekolah film? Jika iya, mungkin IDS School adalah jawabannya. Silahkan kunjungi website resmi IDS School untuk info lebih lanjut.  


Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar