News
Loading...

Fase Perkembangan Anak Sesuai Usianya

Tumbuh kembang anak adalah suatu peristiwa penting yang harus diperhatikan dan dipantau terus oleh kedua orangtuanya. Fase perkembangan anak sendiri juga berbeda-beda tergantung dari usia si kecil.

Berikut ini kami sudah merangkum apa saja fase-fase perkembangan anak sesuai dengan usianya agar Anda bisa mengetahuinya secara detail.

1.  Fase Anak yang Sudah Bisa Tengkurap

Tengkurap adalah fase pertama perkembangan anak yang bisa diperhatikan langsung oleh kedua orangtuanya. Meski terkesan sepele, namun faktanya, tengkurap adalah salah satu awal penting di dalam perkembangan bayi pada usia 3 hingga 4 bulan. Proses ini menandakan bahwa leher si kecil sudah bisa menopang kepalanya.

2.  Fase Si Kecil Duduk

Jika si kecil sudah bisa membalikkan badannya sendiri, maka fase selanjutnya yang akan terjadi adalah fase duduk. Fase ini akan terjadi ketika si kecil berusia 6 hingga 7 bulan. Pada usia tersebut, si kecil sudah memiliki tulang leher dan tulang punggung yang kuat untuk bisa duduk.

3.  Fase Si Kecil yang Sudah Bisa Merangkak

Setelah fase duduk, maka selanjutnya si kecil akan mengalami fase merangkak. Fi fase ini si kecil sudah bisa tahu bagaimana cara menjaga keseimbangan tubuh si kecil. Keseimbangannya yang sangat baik inilah yang membuatnya bisa merangkak. Di fase ini, setiap orangtua harus memberikan perhatian yang lebih.

4.  Fase Berjalan

Anak yang sudah berusia 1 tahun umumnya sudah memasuki tahap di mana mereka sudah bisa berjalan. Meski begitu, fase berjalan anak-anak juga umumya berbeda-beda. Ada yang 11 bulan, bahkan ada yang hampir 2 tahun baru bisa belajar. Setiap anak memiliki keistimewaannya masing-masing, jadi jangan terpaku pada usia.

5.  Fase Melompat

Setelah fase berjalan, si kecil umumnya akan bisa melakukan lompatan kecil. Semakin besar usianya, maka semakin tinggi loncatannya. Si kecil di fase melompat biasanya akan sering melompat di kasur. Anda juga bisa mengajak mereka bermain lompatan untuk mengoptimalkannya.

Demikian informasi seputar fase perkembangan anak yang wajib Anda ketahui. Perhatikanlah fase-fase tersebut agar Anda bisa mengetahui apakah perkembangannya sudah sesuai dengan usia si kecil atau belum. Optimalkan juga dengan memberi asupan nutrisi penting dari susu Wyeth Nutrition.


Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar